Membangun Karakter Anak Sejak Dini Melalui Pendidikan
Seberapa penting pendidikan anak sejak dini itu ? Ya tentu pendidikan anak sejak dini itu sangat penting karena selain dari lingkungan keluarga melalui Pendidikan Anak Usia Dini dapat membangun karakter yang baik untuk anak itu sendiri . Tingkat kecerdasan seseorang akan dimulai sejak usia dini dan ketika itu tingkat perkembangan otak akan terjadi secara cepat .
Anak usia dini adalah individu yang sedang menjalani proses perkembangan secara cepat , anak usia dini berada pada rentang 0 sampai 8 tahun . Anak adalah manusia kecil yang mempunyai kemampuan yang harus di kembangkan , anak juga mempunyai karakter khusus dan tidak sama dengan orang dewasa sepenuhnya . Anak mempunyai banyak potensi yang harus di kembangkan , meskipun cara perkembangan dan pertumbuhan anak itu sama namun nanti nya akan berbedan karena pada dasar nya anak bersifat individual .
Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi setiap orang , dan di indonesia setiap waga negara diwajibkan untuk mengikuti pendidikan dari mulai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) , Pendidikan Sekolah Dasar (SD) , Pendidikan Menengah (SMP) , dan Pendidikan Atas (SMA / SMK) . Pendidikan anak sejak dini adalah pendidikan yang sangat mendasar dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan di Indonesia pemerintah sangat mempedulikan itu sehingga pemerintah mencanangkan dan memberikan layanan pendidikan wajib sembilan tahun atau sampai masa pendidikan menengah (SMP) .
Pemerintah indonesia membentuk program Pendidikan Anak Usia Dini atau yang biasa di singkat PAUD demi memenuhi hak pendidikan anak sejak dini di umur 3 sampai 5 tahun . Di setiap kelurahan dianjurkan untuk mempunyai minim satu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) , yang nanti nya dapat di jadikan alternatif pemenuhan hak pendidikan anak usia dini .
PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) termasuk jenis pendidikan non formal seperti Play Ground dan juga Tempat Pendidikan Anak (TPA) . Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) ini tidak menggunakan kurikulum baku dari Departemen Pendidikan Nasional akan tetapi menggunakan rencana pengajaran yang di sebut Menu Besar . Menu Besar ini berisi tentang pendidikan moral dan nilai keagamaan, pengajaran Menu Besar ini akan di kembangkan oleh setiap PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berdasarkan kebutuhan dan kemampuan di masing – masing PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) . Selain itu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) juga ditujukan pada kalangan ekonomi bawah , karena PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) tidak meminta iuran sekolah atau hanya menarik iuran sekolah dalam jumlah kecil .
PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah pendidikan yang memberikan pengasuhan,perawatan, dan pelayanan untuk anak sejak lahir sampai umur 5 - 6 tahun . Pendidikan anak sejak dini adalah salah satu cara untuk membina pekembangan & pertumbuhan pendidikan anak dan juga perkembangan jasmani & rohani anak sejak lahir sampai umur 5 - 6 tahun .
Sejak lahir , anak membutuhkan dukungan dan pelayanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pendidikan . Penyesuaian belajar tentang kebutuhan , sosial dan kondisi emosional untuk anak dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan karakteristik anak . Dalam waktu 3 sampai 4 tahun pertama perkembangan yang terjadi pada anak sama besar nya dengan perkembangan anak nanti nya pada waktu 10 sampa 14 tahun berikut nya . Pada masa ini adalah masa yang penting untuk anak karena perkembangan yang didapat akan mempengaruhi perkembangan untuk anak sampai dewasa dan masa ini hanya datang satu kali jadi untuk para orang tua jangan dianggap hal biasa ya !!
Pendidikan di usia dini bagi anak juga akan membantu mempersiapkan mental , akal dan emosional anak dalam menghadapi masa sekolah . Di masa sekarang dalam pendidikan anak seperti TK (Taman Kanak - Kanak) seorang murid harus sudah bisa menghitung & menulis dan juga di ajarkan bagaimana cara untuk bersosialisasi terhadap lingkungan sekeliling nya bukan hanya dalam keluarga saja , karena semua kemampuan itu dapat dibentuk sejak usia dini .
Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk yang pertama yaitu mengembangkan segala pontensi anak sejak dini untuk penyesuaian diri dengan lingkungan . Yang kedua membentuk karakter anak yang berkualitas agar tumbuh dan berkembang sesuai tingkat perkembangan nya sehingga dapat memiliki kesiapan dalam menghadapi pendidikan dasar hingga kehidupan dewasa . Yang ketiga mengembangkan pengetahuan , sikap , dan keterampilan supaya dapat menolong diri sendiri seperti mandiri dan bisa merawat juga menjaga kondisi fisik nya serta mengendalikan emosi nya . Pendidikan anak sejak dini adalah salah satu pembentuk karakter dalam hal pertumbuhan kecerdasan , komunikasi dan juga fisik .
Bagi anak yang mengikuti atau mendapatkan Pendidikan Anak Usia Dini yang bagus , anak-anak akan belajar menjadi pribadi yang mandiri , percaya diri , punya rasa ingi tahu yang besar , cepat beradaptasi dan pandai bersosialisasi . Dan untuk anak yang tidak mendapatkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan susah menerima hal baru dan cenderung kurang bisa mengikuti pembelajaran pada masa pendidikan dasar . Anak usia dini memiliki masa secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi bagaimana semestinya seorang guru atau pendidik mengahadapi anak usia dini seperti masa kepekaan , masa ego , masa meniru , masa berkelompok , masa bereksplorasi , dan masa pembangkangan .
Program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) mempunyai fungsi yaitu , pertama untuk mengenalkan dan memberi contoh kepada anak cara beradapatasi dengan lingkungan sekitar , kedua untuk pengembangan cara bersosialisasi anak , ketiga untuk mengenalkan dan menanamkan peraturan agar anak bisa disiplin , kelima untuk menikmati masa bermain nya sembari belajar .
Fungsi adaptasi untuk anak adalah membantu anak melakukan penyesuaian diri dengan segala kondisi lingkungan . Fungsi sosialisasi untuk anak adalah membantu anak untuk mempunyai keterampilan sosial yang dapat di gunakan dalam lingkungan sekitar nya . Jadi ketika seorang anak mengikuti lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) seorang anak dapat bersosialisasi & mempunyai banyak teman dan mampu mengenali sifat-sifat teman nya , para pendidik juga dapat menambah pengetahuan dan membantu seorang anak beradaptasi dari lingkungan rumah ke lingkungan sekolah .
Untuk memenuhi segala macam aspek dalam pekembangan anak usia dini di perlukan berbagai prinsip seperti cara belajar melalui bermain , berorientasi pada kebutuhan anak , pendekatan terhadap anak , pendekatan kreatif dan inovatif , lingkungan yang tenang tanpa gangguan , menggunakan pembelajaran terpadu , menggunakan media sebagai sumber belajar dan mengembangkan berbagai cara bersosialisasi .
Sumber : taralite.com
Membangun Karakter Anak Sejak Dini Melalui Pendidikan
Reviewed by StudioPresentasi
on
8:10 PM
Rating: